Instalisasi CMS Xibo



  Kali ini, saya akan menginsall salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat digital signage yaitu Xibo. Saya akan mulai dengan pengertian xibo menurut "wikipedia". Xibo adalah aplikasi yang terdiri dari server aplikasi yang ditulis dalam PHP, dan aplikasi client. Xibo merupakan salah satu aplikasi digital signage, xibo bersifat Free dan Open Source, sehingga kita bisa menggunakannya secara gratis. Signage digital adalah segmen sub dari signage . Signages digital menggunakan teknologi seperti LCD , LED dan Proyeksi untuk menampilkan konten seperti gambar digital , video yang , media streaming , dan informasi . Mereka dapat ditemukan di ruang publik, sistem transportasi, museum, stadion, toko ritel, hotel, restoran, dan bangunan perusahaan dll, untuk memberikan wayfinding , pameran , pemasaran dan iklan luar ruangan . Berikut langkah-langkahnya:  
1. Download adhulu file xibo di situs resmihttp://xibo.org.uk/ Kali ini saya download di laptop saya dan untuk memindahkan ke server, saya gunakan fitur ftp yang sudah saya install di server. Cara memindahkannya cukup mudah, kita tinggal pilih file xibo kemudian klik tanda "panah ke samping kanan" untuk upload.




2.Jika sudah Selesai copy file maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini

3.kemudian anda cek apakah file yang anda copy tadi sudah ada di server anda /belum ketikkan perintah #ls


4.Pindahkan file xibo ke direktori /var/www/html, dengan menggunakan perintah:
# mv xibo-cms-1.7.1.zip /var/www/html

5.Kemudian anda masuk ke directory #cd /var/www/html

6.Lalu anda Extrak file xibi dengan perintah # unzip xibo-cms-1.7.1.zip



7.Kemudian beri hak akses pada direktori xibo, dengan menggunakan perintah:
# chmod 755 xibo-cms-1.7.1

8.Ubah hak kepemilikan dirktori xibo, dengan menggunakan perintah:
# chown www-data:www-data xibo-cms-1.7.1

9.Buat database  xibo-cms-1.7.1 di phpmyadmin

10. Buka browser, ketik ipserver/xibo-cms-1.7.1. Misal: 192.168.6.6/xibo-cms-1.7.1. Akan muncul tampilan seperti dibawah ini lalu Next


11.Isi identitas dari xibo kita, seperti host, nama database, database username, dan database password. Setelah semua terisi, klik "Next"

12.Kemudian isikan admin username dan admin password sesuai keinginan. Setelah semua terisi, klik "Next"

13.Setelah itu, kita kembali buka terminal dan buat direktori /xibo-library di direktori /media, dengan menggunakan perintah: # mkdir /media/xibo-library

14.Ubah hak kepemilikan direktori /xibo-library dengan menggunakan perintah:
# chown -R www-data:www-data /media/xibo-library

15.Buka kembali ke browser untuk membuka xibo, isikan Library location sesuai dengan direktori yang telah dibuat tadi. Untuk servey key akan secara otomatis terisi, kemudian klik "Next"

16.Kemudian masukkan username dan password sesuai yang tadi telah di isikan pada proses installasi

17.Inilah tampilan awal dari CMS Xibo



----- Semoga Bermanfaat -----
Share on Google Plus

About Muhammad Syarifuddin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar