Instalasi CMS XOOPS


Downloads CMS XOOSP Disini
Xoops (sendiri notasi: XOOPS) adalah gratis Portal - software yang banyak unsur dari web sistem manajemen konten meliputi (CMS). Xoops muncul sebagai kelompok sempalan dari PHP-Nuke , berdasarkan karena ini dalam bahasa pemrograman PHP dan sistem manajemen database MySQL , dan tunduk pada GNU General Public License .

Sejarah

Xoops didirikan oleh Jepang Ono Kazumi (Onokazu). Pengembangan sistem dimulai pada tahun 2001; Versi 1.0 ( Release Candidate 1) diterbitkan 1 Januari 2002. Sejak tahun 2007, Cina Taiwen Jiang adalah tanggung jawab proyek utama. 
Xoops direkomendasikan di berbagai majalah dan portal sebagai CMS dan sistem portal. The Edge buletin dari Adobe Systems , misalnya, dinilai dalam edisi April 2008, tiga sistem Drupal , Joomla dan Xoops dari ideal untuk pembangunan e-commerce halaman. Dalam Pack oleh penerbit Inggris diiklankan Open Source tahunan CMS Choice Xoops dicapai secara teratur salah satu dari lima peringkat atas.
XOOPS mengambil beberapa kali berhasil di Asia open source Kompetisi dan memenangkan 2009 Grand Prize dari Open Source Software Challenge di Korea

Keterangan

Penunjukan XOOPS adalah singkatan dari eXtensible Object Oriented Portal System, bahasa Inggris untuk "extensible, berorientasi objek sistem portal". Dengan Xoops Complex kosong situs mudah untuk mengelola. Sistem dasar itu sendiri menawarkan dengan modul scalable kerangka dengan multi administrasi -menggunakan . Desain dan tata letak dapat menggunakan terintegrasi mesin template Smarty disesuaikan atau dengan sudah tersedia template tata letak. Wilayah aplikasi utama XOOPS adalah komunitas online ; Namun Xoops juga dapat memenuhi persyaratan sistem manajemen konten klasik. Xoops tidak dioptimalkan secara langsung untuk desainer web. Meskipun Xoops menggunakan mesin template, pada prinsipnya, semuanya dapat disesuaikan menggunakan, tetapi ada beberapa yang luar biasa prefabrikasi tata letak template untuk Xoops.
Xoops dapat dicapai oleh apa yang disebut modul dengan fungsi tambahan seperti guestbook , forum , wiki dan memperluas lebih. Dengan diperkenalkannya versi 2.3, dua versi yang 2.0 dan 2.2 bersatu kembali dalam satu versi. Dengan beralih ke UTF-8, namun, semua modul belum dikonversi atau disesuaikan. Di sini banyak pekerjaan yang masih terletak pada pengembang masing-masing dan penerjemah. Terbaru saat rilis stabil diterbitkan pada November 11, 2010 Versi 2.5 harus mendaftarkan kemajuan lebih lanjut dalam pengembangan modul sebagai inti untuk pengembangan masa depan bahkan menentukan..
Sumber : https://de.wikipedia.org/wiki/Xoops

 Berikut Langkah-langkah Instalasinya  :

1.Setelah anda Download Filenya sekarang anda copy ke server anda setelah itu anda cek menggunakan perintah #ls


2.Setelah itu anda copy ke directory /var/www/html karena setiap data/software yang akan di install akan terdeteksi di folder /var/www/html gunakan perintah #cp (nama file) /var/www/html


3.Kemudian anda berpindah ke directory /var/www/html dengan perintah #cd /var/www/html


4.Kemudian anda cek menggunakan perintah #ls


5.Kemudian anda ekstrak file tadi dengan perintah #tar -zxvf (nama file)



6.Selanjutnya anda masuk ke folder ekstrakan tadi dengan perintah #cd xoosp


7.Selanjutnya anda ketikkan perintah #cd xoosps-2.5.7.2 (tergantung versi CMS anda) lalu anda #ls nah disitu terdapat file htdocs yang nantinya akan menuju ke proses instalasi


8.Kemudian anda buat database dengan nama xoosp


9.Sekarang anda Buka browser dan ketikkan di URL IP Server/xoosp (nama database) contoh :192.168.101.3/xoosp kemudian anda klik xoops-2.5.7.2/



10. Kemudian anda klik htdocs


11.Nah selanjutnya inilah yang saya bilang tadi proses instalasinya pilih bahasa yang akan anda gunakan lalu Next



12.Klik Next


13.Klik Next


14.Klik Next lagi


15.Anda isikan Username dan Password mysql anda


16.Isikan Nama database anda tadi lalu Next


17.Lalu anda simpan Configurasi dengan klik Next


18.nah jika tidak terjadi Error anda klik Next


19.Anda Isikan Admin login,E-mail anda dan Password lalu Next


20. Sekarang anda simpan settingan kita tadi dengan klik Next


21.Kemudian anda isikan Sitename lalu Next


22. Kemudian anda pilih Defaut Them lihat gambar dibawah ini


23. Kemudian anda pilit Untuk Module Installation Terdapat 3 PIlihan disini saya pilih User Profie>Next


24.Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini anda klik Next



25.Akan muncul step terakhir dalam instalasi Anda klik Next

26.Nah inilah tampilan awal dari CMS XOOPS anda dapat menggunakan sebagaimana fungsinya



----- Semoga Bermanfaat -----
Share on Google Plus

About Muhammad Syarifuddin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar