Setting Antena UBNT

Assalamu'alaikum Wr.Wb
Dalam kesempatan kali ini saya akan sharing tentang point to point/setting Antena UBNT



Pastikan kabel UTP POE (Power Of Ethernet) pada adaptor terhubung ke perangkat radio, dan ethernet LAN terhubung ke PC atau laptop.
  1. Warning : jangan sampai salah atau tertukar sehingga mengakibatkan perangkat rusak atau terbakar.
  2. Setting IP pada laptop satu subnet dengan IP default UBNT (192.168.1.20 ) perangkat antena UBNT.
     
  3. Pastikan laptop sudah dapat terkoneksi ke Radio atau perangkat UBNT dengan cara Ping IP  ke perangkat radio. 
  4. Buka melalui browser IP radio (192.168.1.20). Klik I Understand The Risks > add exception
  5. Kemudian pada tampilan di bawah Klik Confirm Security Exception.
  6. Kemudian sudah masuk ke tampilan airOS masukkan Username : ubnt. pasword : ubnt. pilih  country : Indonesia atau yang lainnya dan berikan centang pada kotak I Agree.
  7. Jika sudah masuk ke menu, maka pilih Tab system beri identitas di device name, time zone, centang enable pada starup date kemudian pilih tanggal di starupdate dengan cara mengeklik tanda tanggal pada samping kanan, jika sudah klik change kemudian apply, tunggu reboot terlebih dahulu.
  8. Kemudian pilih Tab Network dan ganti IP address1subnet dengan IP default Perangkat radio contoh 192.168.1.26. Klik change lalu apply. Tunggu hingga rebbot kembali.
  9.  Jika IP-nya sudah berhasil di setting maka pada saat restart dan keluar ke WEB awalnya maka lihat pada kotak search. kemudian masuk kembali seperti pada langkah nomer 4,5,dan 6.
  10. Kemudian jika sudah masuk ke WEB tadi maka langkah seanjutnya adalah ke Tab Wirelless, pilih Wirelless mode menjadi access point.  Beri nama SSID (nama identitas)nya, kemudian pilih frekuensinya pastikan frekuensi yang di pilih tidak bertabrakan dengan frekuensi perangkat lain, dengan cara scan dahulu di tolls > site survey kemudian cari IP yang berbeda dengan perangkat lain. misalkan ketemu frekuensi 2412. kemudian centang enable, klik edit, sesuaikan frekuensi. Kemudian masukkan pasword sesuai keinginan.


    Catatan : Kalau di UBNT dan mikrotik memilih frekuensi sedangkan di Tp link menggunakan chanell, kalau memilih frekuensi jangan sampai tabrakan sama frekuensi yang lain supaya koneksinya bisa sampai jauh.
     Kemudian pilih Tab menu paling kiri, pilih airview port yang nanti digunakan untuk Station yang akan menerima dari Antena Access Point.
  11. Jika Enable di centang maka perangkat yang bisa konek adalah perangkat yang sama, tetapi jika tidak di centang maka perangkat seperti laptop, HP juga bisa konek, maka jika ingin konek dari antena ke antena mending kasih centang pada kotak enablenya. Kemudian klik change dan apply, kemudian tunggu hingga prosses rebootnya selesai.
  12. Setting antena menjadi Access Point telah selesai, jika ingin Antenanya bisa di gunakan untuk konek ke internet maka atur Mikrotiknya dan pastikan mikrotik bisa konek ke internet, kemudian setting DHCP Server ke Ether yang akan kluar ke Antena dan DHCP client ke sumber internet pada mikrotik.
Share on Google Plus

About Muhammad Syarifuddin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar