Pengganti Wifi Kelak Nanti

iPhone Kelak Bisa Internetan dengan Kecepatan Cahaya


iPhone Kelak Bisa Internetan dengan Kecepatan Cahaya
   Teknologi LiFi saat ini masih berada di tahap pengujian oleh sejumlah pihak. Namun Apple sepertinya sudah melihat lebih jauh soal teknologi ini, dan kelak akan membenamkannya ke dalam iPhone.

Langkah Apple ini terlihat dalam beberapa baris kode di iOS 9.1, yang menuliskan kemampuan terhubung ke dalam jaringan LiFi. Namun informasinya sampai saat ini hanya di sebaris kode tersebut,Sebelumnya Apple memang sudah terindikasi tertarik menggunakan LiFi saat mereka mendaftarkan sebuah paten pada tahun 2013 lalu. Kala itu Apple mendaftarkan paten dari perangkat yang kemungkinan adalah sebuah transmiter Lifi.

LiFi adalah standardisasi yang diharapkan menjadi penerus WiFi. Jika WiFi menggunakan sinyal radio, LiFi menggunakan cahaya untuk mengirimkan data.

Kecepatannya pun disebut 100 kali lebih kencang ketimbang WiFi tradisional, atau bisa mencapai kecepatan 1 Gbps. Sementara secara teoritis, teknologi LiFi ini bisa mencapai kecepatan transfer data sebesar 224 Gbps.

Istilah LiFi sendiri pertama dipopulerkan oleh Profesor Harald Haas dari Universitas Edinburgh, yang mendemonstrasikan teknologi tersebut di konferensi TED pada tahun 2011.

Saat itu, Haas menunjukkan sebuah video streaming menggunakan sebuah bola lampu LED. Haas menyebutkan bahwa di masa depan, miliaran bola lampu bisa dijadikan hotspot nirkabel.

LiFi punya satu keunggulan utama dibandingkan WiFi, yaitu tak menggunakan sinyal radio. Sehingga tak akan mengganggu jalur komunikasi lain, seperti yang digunakan di pesawat terbang.

Namun tentu LiFi juga punya kelemahan, seperti teknologi ini tak bisa digunakan di luar ruangan yang terkena sinar matahari, karena akan mengganggu transmisi sinyalnya.

Sumber : http://inet.detik.com/read/2016/01/20/083245/3122394/317/iphone-kelak-bisa-internetan-dengan-kecepatan-cahaya
Share on Google Plus

About Muhammad Syarifuddin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar